Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar

HARDIANTI, HARDIANTI (2016) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
03 BAB 1 2 3 4 5, lamp 1-2.docx

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa dan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 49 orang dan sampel sebanyak 49 orang sebagai responden, karena jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 maka penelitian ini termasuk dalam Penelitian Populasi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, angket dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu, analisis statistik deskriptif dengan menggunakan presentase dan untuk analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa di kelas X Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI Makassar dalam kategori baik, ditinjau dari segi indikator: 1) minat dan konsentrasi, 2) bakat, 3) sikap, 4) lingkungan keluarga, dan 5) lingkungan sekolah. Untuk hasil belajar siswa kelas X jururan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar tergolong dalam kategori baik yang ditinjau dari: 1) keterampilan intelektual, 2) strategi kognitif, 3) informasi verbal, dan 4) keterampilan motorik. Berdasarkan analisis uji korelasi product moment dinyatakan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran sebesar 49,80 persen berarti tingkat hubungannya dalam kategori kuat. Dari hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:19
Last Modified: 28 Mar 2018 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6192

Actions (login required)

View Item View Item