Keefektifan Penerapan Teknik Latihan Terbimbing dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Cerpen Siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep

Aliyah, Nur (2015) Keefektifan Penerapan Teknik Latihan Terbimbing dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Cerpen Siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan teknik latihan terbimbing dalam pembelajaran menulis kreatif cerpen siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pangkajene kabupaten Pangkep. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 456 orang siswa pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan teknik penentuan sampel yaitu random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas IX. A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.C sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam menulis kreatif cerpen dengan menerapkan teknik latihan terbimbing menunjukkan hasil yang sangat memadai. Siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan sebesar 71,05 % atau 27 orang siswa dan yang tidak mencapai KKM sebesar 28,94% atau 11 orang siswa. Sedangkan kemampuan siswa pada kelas kontrol dalam menulis kreatif cerpen dengan menerapkan teknik konvensional menunjukkan hasil yang kurang memadai. Siswa yang berhasil mencapai KKM sebesar 39,5% atau 15 orang siswa dan yang tidak mencapai KKM sebesar 60,5% atau 23 orang siswa. Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa teknik latihan terbimbing efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis kreatif cerpen. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis statistika inferensial jenis uji-t independent simples test diperoleh skor nilai t sebesar 4,570 dengan derajat kebebasan 74 pada taraf signifikan 0,05 karena nilai t hitung (4,750) > t tabel (1,68) maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diajukan saran, bagi guru agar pembelajaran menulis khususnya menulis kreatif cerpen sebaiknya lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran sastra dengan memilih teknik pembelajaran yang lebih inovatif, dengan temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran dalam menulis kreatif karya sastra. Bagi siswa diharapkan aktif mengikuti pembelajaran menulis dan lebih giat melakukan latihan menulis kreatif cerpen dan bagi peneliti agar dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian yang lain dengan strategi pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 04:00
Last Modified: 28 Mar 2018 04:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item View Item