Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK YPLP PGRI 1 Makassar

Wahyuni, Wahyuni (2016) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK YPLP PGRI 1 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
LATARBELAKANG.pdf

Download (163kB) | Preview

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran, dan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 116 orang dan sampel sebanyak 50 persen dari populasi atau sebanyak 58 orang sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran di SMK YPLP PGRI 1 Makassar berada pada tingkat sangat baik, ditinjau dari enam indikator yaitu tujuan penggunaan media, kegunaan media, ketersediaan, keadaan peserta didik, mutu teknis dan biaya. Untuk minat belajar di SMK YPLP PGRI 1 Makassar berada pada kategori sangat tinggi, yang diukur dengan menggunakan tiga indikator yaitu perhatian, perasaan senang, dan motif (motivasi). Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMK YPLP PGRI 1 Makassar yang masuk dalam kategoti sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:50
Last Modified: 28 Mar 2018 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6182

Actions (login required)

View Item View Item