Pengembangan Inventori Identifikasi Masalah Siswa (IMS) SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar

KADIR, ST NURBAYA (2017) Pengembangan Inventori Identifikasi Masalah Siswa (IMS) SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (23kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran analisis kebutuhan (need assessment) terhadap penggunaan inventori identifikasi masalah siswa (IMS) SMPN 1 Mangarabombang, dan (2) untuk menghasilkan inventori identifikasi masalah siswa (IMS) agar valid, reliabel dan praktis sehingga layak dan bermanfaat digunakan sebagai salah satu perangkat inventori identifikasi masalah siswa (IMS) SMPN 1 Mangarabombang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development model Borg and Gall dengan melibatkan 15 orang siswa SMP dalam uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Inventori identifikasi masalah siswa (IMS) sebagai alat ukur/ instrumen sangat dibutuhkan di sekolah SMPN 1 Mangarabombang, oleh karena gambaran kebutuhan siswa terhadap inventori IMS masih membutuhkan pembaharuan atau update dari segi bentuk, isi dan bidang permasalahan BK serta item pernyataan yang masih terlalu banyak yang membuat para siswa bosan membaca dan mengisi inventori yang ada di sekolah tersebut. (2) Inventori identifikasi masalah siswa (IMS) yang dikembangkan telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, oleh karena peneliti telah melalui langkah-langkah uji coba dalam pengembangan inventori IMS, sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu: nilai validitas inventori IMS berada pada skala 4,17 pada tahap uji ahli validitas dengan kriteria valid, nilai dari uji reliabilitas diperoleh 0,66 atau 96,6% dengan kriteria tinggi atau reliabel serta nilai uji kepraktisan inventori IMS berada pada skala 4,06 pada tahap penilaian uji keparktisan oleh Guru BK dengan kriteria praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa inventori identifikasi masalah siswa (IMS) dengan jumlah 40 item pernyataan yang valid, reliabel dan praktis dapat digunakan sebagai inventori identifikasi masalah siswa (IMS) di SMPN 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:41
Last Modified: 28 Mar 2018 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6178

Actions (login required)

View Item View Item