Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Geometri Untuk Peserta Didik SMA Kelas X (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Djadir).

Rismawati, Alimin (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Geometri Untuk Peserta Didik SMA Kelas X (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Djadir). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RISMAWATI ALIMIN. 2014.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK RISMAWATI ALIMIN. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Geometri Untuk Peserta Didik SMA Kelas X (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Djadir).Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat dalam pembelajaran geometri yang valid, praktis, dan efektif.Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran geometri yang valid, praktis dan efektif. Produk tersebut terdiri dari 8 komponen, yaitu (1) RPP; (2) Buku teks pelajaran; (3) Lembar kerja; (4) Tes uji coba perangkat; (5) lembar observasi aktivitas peserta didik; (6) lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran; (7) angket respon peserta didik; (8) lembar validasi.Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan. Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 4 Pinrang Kabupaten Pinrang pada peserta didik kelas X MIA.2. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah pengembangan perangkat pembelajaran geometri yang valid, praktis dan efektif. Sebagai implikasi yang diperoleh dari perangkat ini, disarankan: (1) kepada pendidik Matematika untuk dapat menggunakan perangkat ini pada materi Geometri, (2) untuk keperluan pengembangan selanjutnya, pendidik diharapkan dapat mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran (RPP, buku teks pelajaran, lembar kerja dan tes hasil belajar) yang disesuaikan dengan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik. Sehingga peserta didik akan lebih termotivasi dan dapat mengkonstruksi sendiri ide/ pengetahuannya sesuai dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:37
Last Modified: 29 Apr 2016 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item