Pengembangan Paket Pembelajaran Apresisai Seni Rupa Budaya Lokal (Tongkonan) untuk SMA Kelas X di Toraja Utara

PALOMBU, EDI (2017) Pengembangan Paket Pembelajaran Apresisai Seni Rupa Budaya Lokal (Tongkonan) untuk SMA Kelas X di Toraja Utara. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Hasil Penelitian, Edi Palombu.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Seni rupa budaya lokal adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran seni budaya, sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 6 ayat 1, bahwa mata pelajaran kesenian untuk SMA/MA diganti dengan sebutan “seni budaya”, aspek budaya dalam mata pelajaran seni budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Sementara itu, seni merupakan salah satu dari komponen yang terdapat dalam kebudayaan itu sendiri, oleh karena itu mata pelajaran seni budaya pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya. Namun sesuai dengan kondisi di lapangan, bahwa guru seni budaya mengalami hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya, kususnya materi tentang seni rupa budaya lokal yang masih sangat kekurangan referensi tertulis. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan paket pembelajaran apresiasi seni rupa budaya lokal (tongkonan) yang valid untuk SMA kelas X di Toraja Utara. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan level (tingkatan) penelitian dan pengembangan level 1. Spesifikasi produk yang dikembangkan adalah buku guru, buku siswa dan media presentasi. Prosedur pengembangan yang dilakukan menggunakan model Richey and Klein. Prosedur ini meliputi tiga tahapan yakni: (i) tahap planning (perancangan), yaitu membuat rencana produk yang akan dibuat untuk tujuan tertentu. Perencanaan diawali dengan analisis kebutuhan yang dilakukan melalui penelitian dan studi literatur, (ii) tahap production (memproduksi), yaitu kegiatan membuat produk berdasarkan rancangan yang telah dibuat, dan (iii) tahap Evaluation (evaluasi) yaitu kegiatan menguji, menilai, seberapa tinggi produk telah memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif Kualitatif. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa paket pembelajaran apresiasi seni rupa budaya lokal (tongkonan) yang dikembangkan yang terdiri dari buku guru, buku siswa dan media presentasi telah memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:01
Last Modified: 28 Mar 2018 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6167

Actions (login required)

View Item View Item