Peran Sistem Sekolah Asrama Dalam Menunjang Hasil Belajar Siswa Sekolah Putri Darul Istiqamah Kabupaten Maros

RAHMAN, RAHMANIA (2017) Peran Sistem Sekolah Asrama Dalam Menunjang Hasil Belajar Siswa Sekolah Putri Darul Istiqamah Kabupaten Maros. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN ARTIKEL BELUM PERNAH DIPUBLIKASIKAN.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Bagaimana sistem sekolah asrama pada Sekolah Putri Darul Istiqamah? (ii) Bagaimana peran sistem sekolah asrama dalam menunjang hasil belajar siswa? (iii) Apa faktor pendorong dan penghambat sistem sekolah asrama dalam menunjang hasil belajar siswa? Sasaran pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Putri Darul Istiqamah. Penentuan informan dengan cara Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Sistem pada Sekolah Putri Darul Istiqamah mencakup sarana dan prasarana sangat memadai untuk memudahkan proses pembelajaran, dan tenaga pendidik mengajar sesuai bidang masing-masing serta peraturan-peraturan telah ditetapkan oleh pihak sekolah seperti kegiatan siswa dalam 24 jam sehari dalam sepekan agar aktifitas para siswa teratur selama berada dilingkungan sekolah asrama, (ii) Peran sistem sekolah asrama yaitu sarana dan prasarana, tenaga pendidik dan peraturan dalam proses pembelajaran mencakup pendidikan agama, pembelajaran reguler dan ekskul diharapkan berpengaruh pada minat siswa yang awalnya masuk karena terpaksa lama kelamaan sudah bisa menerima keputusan orang tua atau keluarga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa yang pada awal penelitian rata-rata nilai siswa yang masuk karena keinginan orang tua atau keluarga adalah 84 sedangkan pada akhir penelitian rata-rata nilai siswa tesebut sudah mencapai 87, (iii) Faktor pendorong sistem dalam menunjang hasil belajar yaitu sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik yang berkualitas dan pengawasan terhadap penerapan peraturan sedangkan faktor penghambat sistem dalam menunjang hasil belajar siswa yaitu perawatan terhadap sarana dan prasarana yang masih kurang, tenaga pendidik yang sering berganti dan kedisiplinan civitas akademik terhadap peraturan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 02:52
Last Modified: 28 Mar 2018 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6165

Actions (login required)

View Item View Item