Analisis Kesalahan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar Dalam Menyelesaikan Soal-soal Kombinatorial.

Rina, Trian (2013) Analisis Kesalahan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar Dalam Menyelesaikan Soal-soal Kombinatorial. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rina Triani..docx

Download (14kB)

ABSTRAK Rina Triani, 2013. Analisis Kesalahan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar Dalam Menyelesaikan Soal-soal Kombinatorial. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sabri dan Hj. Aswi). Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui jumlah mahasiswa yang melakukan kesalahan konsep, prinsip, fakta, dan keterampilan dalam menyelesaikan soal-soal kombinatorial; (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memahami materi kombinatorial khususnya faktor kognisi dan faktor psikologis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengumpulkan data kuantitatif dari hasil tes diagnostik dan angket, serta metode penelitian kualitatif untuk mengumpulkan data kualitatif melalui wawancara. Penelitian ini mengambil subjek penelitian mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM sebanyak 30 orang secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, angket, dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) jumlah mahasiswa yang melakukan kesalahan konsep dari butir pertama hingga butir kelima berturut-turut: 30%; 53,33%; 70%; 10%; dan 86,67%. (2) jumlah mahasiswa yang melakukan kesalahan prinsip berturut-turut: 30%; 56,67%; 70%; 10%; dan 90%. (3) jumlah mahasiswa yang melakukan kesalahan fakta berturut-turut: 10%; 13,33%; 16,67%; 6,67%; dan 50%. (4) jumlah mahasiswa yang melakukan kesalahan keterampilan berturut-turut: 70%; 70%; 83,33%; 43,33%; dan 100%. (5) faktor kognisi yang paling mempengaruhi kesuksesan belajar mahasiswa adalah pembentukan konsep, pengetahuan umum yang dimiliki mahasiswa, penalaran, perhatian (konsentrasi), ingatan, pemecahan masalah, kreativitas, persepsi, intelegensi, pembuatan keputusan, imagery, dan kemampuan berbahasa; (6) faktor psikologi yang dianggap paling berpengaruh adalah minat, bakat, motivasi, emosi, dan kognisi; (7) faktor eksternal yang mempengaruhi belajar mahasiswa diantaranya: fasilitas perkuliahan, perhatian pengajar, suasana belajar, dan interaksi dengan mahasiswa lain. Kata Kunci: Kesalahan, Kombinatorial, dan Kognisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:37
Last Modified: 29 Apr 2016 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item