Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalitas Guru IPS Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Toraja Utara

ROMBE, ARFINA (2016) Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalitas Guru IPS Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Toraja Utara. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL .docx

Download (49kB)

ABSTRAK Guru membutuhkan pelatihan profesional untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan mereka. Selain pelatihan, pengalaman mengajar pendidik juga menentukan profesionalitas pendidik dalam mengajar. Semakin banyak pengalaman mengajar pendidik, maka semakin banyak pula pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki. Jadi, idealnya apabila frekuensi pelatihan, dan pengalaman mengajar pendidik semakin meningkat, maka seharusnya ada peningkatan pula dalam profesionalitaspendidik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (i) untuk menjelaskan pengaruh pelatihan terhadap profesionalitas guru Sekolah Menengah Pertama, (ii) untuk menjelaskan pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru Sekolah Menengah Pertama. (iii) untuk menjelaskan pengaruh pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru Sekolah Menengah Pertama. Variabel penelitian ini adalah pelatihan (X1), pengalaman mengajar (X2), dan Profesionalitas Guru (Y).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS Sekolah Menengah Pertama sebanyak 132 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 orang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis explanatory dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pelatihan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas guru IPS Sekolah Menengah Pertama, (ii) pengalaman mengajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas guru IPS Sekolah Menengah Pertama, (iii) Pelatihan dan pengalaman mengajar secara silmultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas guru IPS Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 02:29
Last Modified: 28 Mar 2018 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6158

Actions (login required)

View Item View Item