Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Sinjai

WAHYUNI, SRI (2017) Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Sinjai. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (59kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan kontekstual dan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan kontekstual pada materi Logika Matematika. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Sinjai dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelompok eksperimen I diajarkan menggunakan model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan kontekstual dan kelompok eksperimen II diajarkan menggunakan model kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan kontekstual yang dipilih menggunakan teknik simple cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, THB, LOAS, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan LKS. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan kontekstual berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 83,06, median 84, modus 85 dan standar deviasi 6,276. Rata-rata gain ternormalisasi 0,772 dan berada pada kategori tinggi. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat aktif serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan kontekstual berada pada kategori Tinggi dengan rata-rata 80,48, median 80,00, modus 79 dan standar deviasi 6,63. Rata-rata gain ternormalisasi 0,7331 dan berada pada kategori tinggi. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat aktif serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa pembelajaran dengan model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan kontekstual lebih efektif daripada model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan kontekstual dengan materi Logika Matematika di kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Sinjai.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 01:34
Last Modified: 28 Mar 2018 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6144

Actions (login required)

View Item View Item