Penggunaan Digital Storytelling dalam Pengajaran Mendengarkan: Sebuah Studi Eksperimental terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Parepare

CJ, Juvrianto (2017) Penggunaan Digital Storytelling dalam Pengajaran Mendengarkan: Sebuah Studi Eksperimental terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
7. CHAPTER I (06-03-17).docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Digital Storytelling (DST) meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa dan untuk menemukan ketertarikan siswa dalam belajar terhadap penggunaan DST didalam kelas EFL. Penelitian ini menerapkan metode campuran (mixed method). Sampel penelitian ini terdiri dari 50 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok; 25 siswa dalam kelompok eksperimental dan 25 siswa dalam kelas kontrol. Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes mendengarkan dan pertanyaan open ended untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap penggunaan DST yang dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan inferensial menggunaan SPSS 20 dan skala Likert. Penelitian ini menunjukkan penggunaan DST lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa dibandingkan dengan tidak menggunakan DST pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Parepare tahun ajaran 2016/2017. Hasil post-test siswa pada kelompok eksperimental lebih tinggi dibandingkan dengan hasil post-test kelompok control. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test dalam kelompok eksperimental yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (79,40 ˃ 75,00). Perbedaan nilai rata-rata tersebut signifikan secara statistic; hal tersebut berdasarkan nilai t-test pada level signifikan 0.05, nilai probabilitas lebih kecil dibandingkan level signifikan (0.000 < 0.05). Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Sementara itu, hasil analisis pertanyaan open-ended menunjukkan siswa setuju bahwa belajar bahasa Inggris menggunakan DST merupakan media pendukung yang baik setelah mereka menggunakannya selama sekitar 4 minggu. Hal tersebut dibuktikan dengan komentar-komentar siswa melalui open coding dan hasilnya dapat diklasifikasikan sebagai ketertarikan yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 01:21
Last Modified: 28 Mar 2018 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6142

Actions (login required)

View Item View Item