Menggunakan Grafik Dinding sebagai Media untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Siswa

BAWAWA, MARNI (2017) Menggunakan Grafik Dinding sebagai Media untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Siswa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Thesis.docx

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah siswa kls delapan SMP Negeri 5 Bitung tertarik untuk belajar kosa kata dengan menggunakan media grafik dinding, dan (2) apakah menggunakan media grafik dinding dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kls delapan SMP Negeri 5 Bitung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimental. Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa terbagi dalam dua kelompok: 25 siswa kelompok eksperimen dan 25 siswa kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan dua instrumen: Kuesioner untuk mengetahui minat siswa yang tergolong dalam referensi skala liker dan dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 20 dan tes kosa kata untuk prestasi kosa kata siswa yang dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wall chart memang meningkatkan kosakata siswa kls delapan di SMP Negeri 5 Bitung. Hasil posttest untuk kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil posttest kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata posttest dari kelompok eksperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelompok kontrol dalam tes kosa kata (38,4> 35,8) dan perbedaannya secara statistik signifikan berdasarkan hasil t-test nilai probabilitas posttest yang ditunjukkan lebih rendah dari tingkat signifikansi (0,00 <0,05). Penggunaan media wall chart lebih efektif untuk mengembangkan kosa kata siswa kelas delapan di SMP Negeri 5 Bitung daripada tanpa menggunakan media grafik dinding dan siswa lebih tertarik untuk belajar kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan media grafik dinding daripada tanpa menggunakan media grafik dinding. Seperti yang ditunjukkan oleh skor rata-rata kelompok eksperimen yang pada klasifikasi sangat diminati (72). Artinya, sebagian besar siswa tertarik untuk belajar kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan media wall chart.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 01:00
Last Modified: 28 Mar 2018 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item View Item