Efektivitas Perpaduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VIII SMPN Akreditasi A di Kota Makassar

Junianti K, Nur Rizky (2017) Efektivitas Perpaduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VIII SMPN Akreditasi A di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar dan sampel adalah siswa kelas VIII.3 SMPN 17 (34 siswa) makassar dan SMPN 19 Makassar (34 siswa) sehingga total sampel yaitu 68 siswa sehingga total sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah (1) tes hasil belajar, (2) lembar observasi aktivitas siswa dan (3) angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar efektif dilihat dari indikator: (1) hasil belajar, (a) rata-rata skor hasil belajar matematika matematika pada posttest lebih besar dari 74,9 (KKM), (b) rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0,29 (kategori tinggi), (c) persentase ketuntasan klasikal lebih besar dari 80%, (2) aktivitas siswa lebih besar dari 3,50, dan (3) respons siswa lebih besar dari 2,50. Hasil uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 pada hipotesis minor penerapan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) efektif terhadap (1) hasil belajar (posttest, gain) dan (2) respons siswa, hasil uji proporsi terhadap ketuntasan klasikal, menunjukkan bahwa lebih besar dari 80%. Disimpulkan bahwa perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel siswa kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 00:30
Last Modified: 28 Mar 2018 00:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item View Item