Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMKN 1 Watampone

Savitri, Marwanty (2017) Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMKN 1 Watampone. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.doc

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kondisi pembelajaran di SMKN 1 Watampone dengan menerapkan pendidikan karakter, (2) untuk mengetahui pengembangan pendidikan karakter pada mata pelajaran Jaringan Dasar di SMKN 1 Watampone, (3) untuk mengetahui valid, efektif dan praktis pendidikan karakter diterapkan pada mata pelajaran Jaringan Dasar di SMKN 1 Watampone. Penelitian pengembangan pendidikan karakter ini digunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D (Define, Design dan Development). Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Watampone. Subjek coba dalam penelitian ini adalah terhadap 32 orang siswa pada mata pelajaran jaringan dasar. Tahap pengembangan materi dipilih dua validator dan kedua validator tersebut memahami tentang langkah-langkah pengembangan pendidikan karakter. Prosedur pengembangan dimulai dari langkah pertama yaitu analisis pendefinisian, langkah kedua desain, langkah ketiga pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kondisi pembelajaran jaringan dasar di SMK Negeri 1 Watampone sebelum menerapkan pendidikan karakter pada proses pembelajaran hanya satu dua arah yang bersifat monoton karakter peserta didik tidak muncul, setelah menerapkan pendidikan karakter kondisi pembelajaran dengan pergeseran karakter yang sangat berdampak terhadap peserta didik, (2) pengembangan pendidikan karakter pada mata pelajaran Jaringan Dasar berada pada kategori sangat valid dari ketiga tahap yang terdiri dari tahap define, design, dan develop, (3) pendidikan karakter valid, ditinjau dari penilaian validator dari segi perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian dengan katergori sangat valid, pendidikan karakter efektif ditinjau dari pengamatan aktivitas peserta didik, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon peserta didik dengan katergori sangat efektif, dan pendidikan karakter praktis diterapkan ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon peserta didik dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 07:29
Last Modified: 27 Mar 2018 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6129

Actions (login required)

View Item View Item