Efektivitas Model Talking Stick dengan Pendekatan Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa.

Hattab, M. Nurfajrin (2016) Efektivitas Model Talking Stick dengan Pendekatan Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan Menggunakan Model Talking Stick dengan Pendekatan Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini mengacu pada empat aspek kriteria keefektian pembelajaran, yaitu: ketuntasan belajar secara klasikal, aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Suatu pembelajaran dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi, dengan syarat aspek ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Shot Case Study, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding (kontrol) dan juga tanpa tes awal. Satuan eksperimen yang digunakan yaitu satu kelas yang dipilih secara random dengan teknik simple random sampling. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 2 sebanyak 40 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukaan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa adalah 87,73 dan berada pada kategori tinggi dengan simpangan baku 9,422 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 63,00 dan skor tertinggi adalah 100,00 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 36 siswa atau 90% mencapai KKM dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) persentase dari keaktifan siswa dengan menggunakan model Talking Stick dengan pendekatan Reciprocal Teaching yaitu 87,14%, apabila dikaitkan dengan kriteria aktivitas siswa yaitu 75% maka aktivitas siswa mencapai kriteria efektif. (3) skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 3,71 dengan kategori sangat baik. (4) angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa terhadap model Talking Stick dengan pendekatan Reciprocal Teaching positif. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Talking Stick dengan Pendekatan Reciprocal Teaching efektif diterapkan pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 06:25
Last Modified: 27 Mar 2018 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item View Item