Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Antara Yang Dibelajarkan melalui Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan model Pembelajaran Penemuan di SMP Negeri 2 Makassar

Rahman, Yenni (2016) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Antara Yang Dibelajarkan melalui Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan model Pembelajaran Penemuan di SMP Negeri 2 Makassar. S2 thesis, pascasarjan.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (61kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di SMP Negeri 2 Makassar. (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Penemuan di SMP Negeri 2 Makassar. (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan Penemuan di SMP Negeri 2 Makassar, (4) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di SMP Negeri 2 Makassar (5) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Penemuan di SMP Negeri 2 Makassar. (6) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan Penemuan di SMP Negeri 2 Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Makassar tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan memilih dua kelas dari sembilan kelas VIII yang ada. Kelas yang dimaksud yaitu kelas VIII-3 dibelajarkan dengan model pembelajaran Penemuan dengan jumlah siswa 40 orang dan kelas VIII-4 dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan jumlah siswa 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Penemuan di SMP Negeri 2 Makassar berada pada kategori baik (2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di SMP Negeri 2 Makassar berada pada kategori baik (3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Penemuan dan Inkuiri terbimbing (4) Hasil belajar biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Penemuan di SMP Negeri 2 Makassar berada pada kategori baik (5) Hasil belajar biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing pada kategori baik (6) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Penemuan dan model pembelajaran Inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 06:22
Last Modified: 27 Mar 2018 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6119

Actions (login required)

View Item View Item