Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Skripsi. Jurusan Matematika

Ekawati, Ekawati (2017) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Skripsi. Jurusan Matematika. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
11. BAB I.doc

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen semu yang melibatkan satu kelompok eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode resitasi efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas VII SMPN 2 Sungguminasa. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode resitasi efektif diterapkan pada pembelajaran matematika kelas VII SMPN 2 Sungguminasa yang ditunjukkan: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika sebesar 82,32 yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan uji proporsi persentase ketuntasan klasikal tercapai tidak kurang dari 70% dan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 0,77 yang berada pada kategori tinggi. Adapun berdasarkan uji inferensial menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa lebih dari 75. (2) Skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 84,5% yang berada pada kategori sangat tinggi. dan (3) Sebagian besar siswa memberi respon positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:05
Last Modified: 27 Mar 2018 05:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item View Item