“Implementasi Model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Dan Evaluation) Dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X Mipa 4 SMA Negeri 12 Bulukumba

Amin, Erwin Hasan (2017) “Implementasi Model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Dan Evaluation) Dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X Mipa 4 SMA Negeri 12 Bulukumba. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
4. ISI.pdf

Download (335kB) | Preview

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif yang bertujuan mendeskripsikan: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan menggunakan model Learning Cycle 5E, (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran matematika dengan menggunakan model Learning Cycle 5E, (3) Respon siswa setelah penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model Learning Cycle 5E, dan (4) hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model Learning Cycle 5E. subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Mipa 4 SMA Negeri 12 Bulukumba. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran tergolong aktif, pada setiap fase model pembelajaran aktivitas guru termasuk dalam kategori baik dan cukup baik, (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong aktif dengan persentase sebesar 86,00%, (3) Respon siswa setelah penerapan model Learning Cycle tergolong Positif dengan persentase sebesar 92,14% (5) Hasil tes akhir menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa tergolong dalam kategori tinggi yakni 64,77 dan ketuntasan belajar siswa secara individu hanya mencapai 54,84%. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model learning cycle 5E dalam pembelajaran matematika terlaksana seluruhnya jika dilihat dari aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran tergolong aktif, aktivitas siswa tergolong aktif, dan respon siswa tergolong positif serta rata-rata skor hasil belajar siswa tergolong dalam kategori tinggi namun dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum dapat terlaksana karena belum mencapai target 85% hanya mencapai 54,84%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:43
Last Modified: 27 Mar 2018 04:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6112

Actions (login required)

View Item View Item