Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Pecahan melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas IVB SD Negeri 2 Terang-Terang Bulukumba.

Putri Dwi, Suarni (2013) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Pecahan melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas IVB SD Negeri 2 Terang-Terang Bulukumba. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Putri Dwi Suarni.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Dwi Suarni, 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Pecahan melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas IVB SD Negeri 2 Terang-Terang Bulukumba. Skripsi. Program Penyetaraan S1-Kedua. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Subjek penelitian ini adalah kelas IVB SD Negeri 2 Bulukumba Semester Genap Tahun Ajaran 2012/ 2013 dengan jumlah siswa 30 orang, 18 laki-laki dan 12 perempuan yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing 3 pertemuan pada setiap siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran dengan menggunakan PMR yaitu: (1) siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90 dengan standar deviasi 12,034 dari skor ideal yang dicapai yaitu 100. Sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 94 dengan standar deviasi 6,288 dengan skor ideal yang dicapai yaitu 100. (2) Meningkatnya perhatian, motivasi, minat dan rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya PMR dalam pembelajaran matematika maka hasil belajar matematika dan aktivitas siswa kelas IVB SD Negeri 2 Terang-Terang Bulukumba dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:37
Last Modified: 29 Apr 2016 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item