Keefektifan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mangarabombang Kabupaten Takala

Hajrah, Nengsih (2014) Keefektifan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mangarabombang Kabupaten Takala. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hajrah Nengsih.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Hajrah Nengsih. 2014. “Keefektifan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mangarabombang Kabupaten Takalar”. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Sulastriningsih Djumingin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol menggunakan metode konvensional; 2) keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen menggunakan metode karyawisata; dan 3) mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol menggunakan metode konvensional dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen menggunakan metode karyawisata. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (posttest Only Control Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMPN 3 Mangarabombang tahun pelajaran 2013-2014. Penarikan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling (sampel kelompok). Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen lebih baik daripada keterampilan menulis cerpen siswa kelas kontrol. Setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai t_hitung > t_tabel maka hipotesis penelitian ( H_1 ) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode karyawisata efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:50
Last Modified: 25 Apr 2016 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item