Pengembangan Permainan Kreatif Dengan Media Bahan Alam Bagi Anak Usia Dini

SULAIMAN, MULIANA (2018) Pengembangan Permainan Kreatif Dengan Media Bahan Alam Bagi Anak Usia Dini. S1 thesis, pascasarjan.

[img] Text
TESIS.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran tingkat kebutuhan pengembangan permainan kreatif dengan media bahan alam bagi anak usia dini; (ii) untuk mengetahui bentuk desain permainan kreatif dengan media bahan alam bagi anak usia dini; dan (iii) untuk mengetahui tingkat validitas isi dan kepraktisan permainan kreatif dengan media bahan alam bagi anak usia dini di TK Negeri Pembina Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 15 orang anak. Tehnik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data secara gambaran deskriptif dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Tingkat kebutuhan pengembangan permainan kreatif dengan media bahan alam bagi anak usia dini di TK Negeri Pembina Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang dapat digambarkan masih kurangnya pemahaman dari para pendidik akan pentingnya penggunaan media bahan alam hal ini menunjukkan masih ditemukan anak didik yang tidak mencapai perkembangan kreativitas yang optimal; (ii) Gambaran bentuk desain permainan kreatif dengan media bahan alam bagi anak usia dini terdiri atas dua komponen yakni komponen filosofi model dan komponen pelaksanaan model. Komponen filosofi model meliputi rasionalitas, tujuan, peran guru dan dukungan sistem. Sementara komponen operasional model dijabarkan secara rinci pada semua jenis kegiatan dengan tema yang berbeda. Semua kegiatan yang dikemas dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas anak; (iii) Tingkat validitas isi dan kepraktisan permainan kreatif dengan media bahan alam dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Negeri Pembina Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat yang telah disajikan dapat dinyatakan valid untuk digunakan dan pengembangan kreativitas anak melalui permainan kreatif dengan media bahan alam memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:52
Last Modified: 27 Mar 2018 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item