Implementasi Proses Perencanaan Partisipatif dalam Mewujudkan Pembangunan di Desa Leppangeng Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar

ABDUL HAKIM, ABDUL HAKIM (2014) Implementasi Proses Perencanaan Partisipatif dalam Mewujudkan Pembangunan di Desa Leppangeng Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ABDUL HAKIM.docx

Download (12kB)

ABSTRAK ABDUL HAKIM. 2014. Implementasi Proses Perencanaan Partisipatif dalam Mewujudkan Pembangunan di Desa Leppangeng Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Proses perencanaan partisipatif di Desa Leppangeng. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses perencanaan partisipatif di Desa Leppangeng Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan partisipatif pada tahap penyelidikan, perumusan masalah, identifikasi daya dukung dan perumusan tujuan yang sudah melibatkan masyarakat desa Leppangeng sedangkan tahap menetapkan langkah-langkah rinci dan merancang anggaran, masyarakat tidak disertakan karena tahap itu tetap juga akan diperbaiki pada saat pembuatan DPA (Dokumen Pelaksana Anggaran) yang diputuskan oleh DPRD. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses perencanaan partisipatif adalah keterlibatan masyarakat, komunikasi, kerjasama seluruh stakeholder dan pemahaman masyarakat sebagai Pelaku kebijakan di Desa Leppangeng. Oleh karena itu, perlu penyempurnaam tahapan pelaksanaan perencanaan partisipatif, mengoptimalkan kegiatan identifikasi masalah dan kebutuhan masyarakat, dan perlu peningkatan pemahaman perangkat desa, unsur pembangunan dan unsur masyarakat mengenai perencanaan pembangunan. Dengan masih rendahnya kualitas SDM hendaknya masyarakat didampingi oleh fasilitator dalam setiap tahapan proses perencanaan partisipatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:36
Last Modified: 30 Nov 2016 11:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item