Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi BerbasisLingkungan Kelas III di Sekolah DasarKabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Bakar, Halimah Abu (2017) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi BerbasisLingkungan Kelas III di Sekolah DasarKabupaten Pangkajene dan Kepulauan. S3 thesis, pascasarjan.

[img] Text
Halimah AB_01.docx

Download (46kB)

ABSTRAK Penelitianini merupakan penelitian pengembangan, dengan tujuan mengkaji pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis lingkungan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN. 28 Tumampua II Kecamatan Pangkajene 27 peserta didik, SDN. 29 Pulau Salemo Kecamatan Liukang Tupabiring 23 peserta didik, dan SDN. 16/24 Bulu Tellue Kecamatan Tondong Tallasa 14 Peserta didik Tahapan yang ditempuh yaitu (1) tahap Pendefinisian, yang dimulai dari analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan; (2) tahap perancangan, yang dimulai dengan tahap penyusunan test untuk menghasilkan bahan ajar yang direvisi olehpromotor dan kopromotor, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal untuk menghasilkan draf 1; (3) tahap pengembangan, yang dimulai dengan validasi ahli dan uji coba produk tahap pertama, menghasilkan draf 2, untuk menguji keefektifan dan kelayakan pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasisl ingkungan; dan (4) tahap desiminasi, yang dimulai dari menyebarluaskanbahan ajar uji coba terbatas, mendiskusikan langkah-langkah bahan ajar, dan menyimulasikan bahan ajar oleh guru model. Hasil penelitian ini berupa produk, yaitu: (1) buku bahan ajar, (2) Silabus, (3)RPP, dan (4)LKPD.Hasil uji coba bahwa prototipe yang dihasilkan telah memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil aktivitas dan hasil belajar peserta didik serta kelayakan ditandai dengan respons guru dan peserta didik terhadap pembelajaran menulis puisi berbasis lingkungan.Data tes menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata peserta didik dari 63,66% meningkatmencapai 86-95% dari tiga sekolah hanya 3 peserta didik dinyatakan belum tuntas. Dapat dinyatakan sudah tuntas kelas karena mencapai 90% dari 27 peserta didik. Oleh karena itu penggunaan bahan ajar menulis puisi berbasis lingkungan dinyatakan efektif dan layak diterapkan karena sesuai dengan karakteristik peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Disarankan kepada; (1) guru hendaknya mengembangkan bahan ajar dengan mengangkat kearifan lokal; (2) pemerintah daerah agar merekomendasikan penggunaan bahan ajar menulispuisi ditingkat SD Kabupaten Pangkep, dan (3) penerbit buku agar termotivasi menerbitkan pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis lingkungan sebagai sarana bagi peserta didik mengenal, memahami, dan peduli kepada lingkungannya.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 01:47
Last Modified: 27 Mar 2018 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6086

Actions (login required)

View Item View Item