Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Interaksi Sosial dengan Orang Tua, dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas IIS SMA Negeri 2 Majene

JAELANI, AHMAD (2017) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Interaksi Sosial dengan Orang Tua, dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas IIS SMA Negeri 2 Majene. S2 thesis, pascasarjan.

[img] Text
Artikel Ahmad Jaelani PPs UNM.docx

Download (369kB)

ABSTRAK Tujuan Penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel status sosial ekonomi orang tua (X1), interaksi sosial dengan orang tua (X2), dan iklim kelas (X3) terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas IIS di SMA Negeri 2 Majene secara parsial dan secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel terhadap populasi seluruh siswa kelas IIS pada jenjang kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 2 Majene dengan menggunakan metode kusioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) secara parsial variabel status sosial ekonomi (X1) mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi (Y), sementara variabel yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan adalah variabel interaksi sosial dengan orang tua (X2) dan iklim kelas (X3) (ii) Secara simultan (uji F) variabel-variabel bebas dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi (Y) sebagai variabel terikat. (iii) Persamaan regresi pada penelitian ini adalah Ý = 16,613 + 0,062X1 + 0,153X2 + 0,397X3. Berdasarkan uji determinasi dengan hasil R square sebesar 0,417 sehingga disimpulkan masing-masing variabel bebas status sosial ekonomi orang tua, interaksi sosial dengan orang tua, dan iklim kelas memberikan pengaruh sebesar 41,7 % terhadap variabel terikat motivasi belajar ekonomi siswa kelas IIS di SMA Negeri 2 Majene.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 01:24
Last Modified: 27 Mar 2018 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6082

Actions (login required)

View Item View Item