Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan pengetahuan awal terhadap kemampuan aplikasi prosedural fisika siswa kelas X Jurusan Tehnika Di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong Makassar

SAAD, REZKAWATI (2016) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan pengetahuan awal terhadap kemampuan aplikasi prosedural fisika siswa kelas X Jurusan Tehnika Di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong Makassar. S1 thesis, pascasarjan.

[img] Text
1. BAB I (1-9).docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan kemampuan aplikasi prosedural fisika pada peserta didik yang diajar dengan pendekatan berbasis masalah dengan peserta didik yang diajarkan secara konvensional; (2) ada tidaknya perbedaan kemampuan aplikasi prosedural fisika antara kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar secara konvensional untuk kelompok pengetahuan awal tinggi; (3)ada tidaknya perbedaan kemampuan aplikasi prosedural fisika antara kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar secara konvensional kelompok pengetahuan awal rendah; (4) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah masalah dan pengetahuan awal terhadap kemampuan aplikasi prosedural fisika. Eksprimen ini melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda . Satuan eksprimennya adalah peserta didik kelas X tehnika di BP2IP Barombong Makassar sebanyak 60 orang, kelas X tehnika A sebanyak 30 orang sebagai kelas eksprimen dan kelas tehnika B sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksprimen diajar secara pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diajar secara konvensional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varians dua arah dengan menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS versi 22 for windows dengan taraf signifikansi 5 % hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) Terdapat perbedaan kemampuan aplikasi prosedural fisika antara kelompok yang diajar menggunakan model berbasis masalah dan peserta didik yang diajar secara konvensional (2)Terdapat perbedaan kemampuan aplikasi prosedural fisika antara kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar secara konvensional untuk Pengetahuan awal tinggi (3)Terdapat perbedaan kemampuan aplikasi prosedural fisika antara kelompok yang diajar menggunakan model berbasis masalah dan peserta didik yang diajar secara konvensional untuk pengetahuan awal rendah (4)Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah & Pengetahuan awal terhadap kemampuan aplikasi prosedural fisika pada peserta didik kelas X tehnika BP2IP Barombong Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 01:13
Last Modified: 27 Mar 2018 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6081

Actions (login required)

View Item View Item