Deskripsi Kelancaran Prosedural dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 5 Mandai

Trinovita, Evi (2017) Deskripsi Kelancaran Prosedural dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 5 Mandai. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
DESKRIPSI KELANCARAN PROSEDURAL DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 5 MANDAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk menggambarkan kelancaran prosedural siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif dan efikasi diri pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas IX A SMP Negeri 5 Mandai, yaitu 1 orang siswa field independent efikasi diri tinggi (FIET), 1 orang siswa field independent efikasi diri rendah (FIER), 1 orang siswa field dependent efikasi diri tinggi (FDET), 1 orang siswa field dependent efikasi diri rendah (FDER). Untuk pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah soal tertulis dan wawancara. Aspek yang menjadi tolak ukur dalam penelitian ini yaitu (1) menerapkan prosedur secara tepat (ID1); (2) memilih dan memanfaatkan prosedur (ID2); dan (3) memodifikasi atau memperhalus prosedur (ID3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek FIET menonjol pada aspek ID1, ID2, dan ID3; (2) Subjek FIER lebih menonjol pada aspek ID2 dan ID3; (3) Subjek FDET lebih menonjol pada aspek ID1 dan ID2; (4) Subjek FDER tidak menonjol pada ketiga aspek. Dengan kata lain, keempat subjek memiliki cara tersendiri dalam memecahkan masalah matematika. Kelancaran prosedural subjek field independent bersifat lebih kompleks sedangkan kelancaran prosedural subjek field dependent bersifat lebih umum. Di sinilah efikasi diri memiliki peran penting sebagai faktor yang berpengaruh terhadap kelancaran prosedural kedua tipe gaya kognitif yang dimiliki oleh masing-masing subjek dalam pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 01:02
Last Modified: 27 Mar 2018 01:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6078

Actions (login required)

View Item View Item