Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pengolahan Limbah Organik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas XI di SMKN 1 Enrekang

DIKI, SUDARMIN (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pengolahan Limbah Organik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas XI di SMKN 1 Enrekang. S2 thesis, pascasarjan.

[img] Text
TESIS (1-316).docx

Download (4MB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tahapan pengembangan model pembelajaran berbasis proyek yang efektif digunakan pada mata pelajaran IPA pada materi pengolahan limbah organik. Pengembangan strategi pembelajaran berbasis proyek pada materi pengolahan limbah organik berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model 4-D yang terbagi dalam empat tahapan yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Strategi pembelajaran proyek yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid. Hasil analisis keterlaksanaan strategi pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 1,97 dan memenuhi kriteria praktis. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik kelas XI.TKJ.2 SMKN 1 Enrekang adalah 84,37%. Respon peserta didik dan kemampuan pendidik mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi yaitu 3,89 telah memenuhi kriteria keefektifan. Demikian strategi pembelajaran berbasis proyek yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, efefktif, dan praktis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 00:37
Last Modified: 27 Mar 2018 00:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6075

Actions (login required)

View Item View Item