Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar

Ahmad, Fatimah (2017) Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (20kB)

ABSTRAK Tujuan dari penelitian Pra-Eksperimen ini adalah untuk mengetahui efektivitas model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran matematika. Subjek penilitian ini adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang. Data hasil penelitian dipeoleh dengan memberikan tes hasil belajar berupa Pre-Test dan Post-Test, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa pada materi pokok statistika. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh melalui analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui penerapan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan konstruktivisme menunjukkan bahwa 91,2 % siswa mencapai ketuntasan individu dan berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 80,39 dari skor ideal 100. (2) Rata-rata nilai gain ternormalisasi adalah 0,79 yang berada pada kategori tinggi. (3) Rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,66 yang berada pada kategori sangat baik. (4) Persentase rata-rata siswa yang memberikan respon positif adalah sebesar 85 %. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa lebih baik setelah diajar dengan menerapkan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan konstruktivisme. Dengan demikian, penerapan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan konstruktivisme efektif diterapkan pada pembelajaran matematika siswa kelas VII.4 SMP Negeri 26 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 00:27
Last Modified: 27 Mar 2018 00:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6074

Actions (login required)

View Item View Item