Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Trigonometri ditinjau dari Tipe Kepribadian Dan Tingkat Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Makassar

Kasriana, Kasriana (2017) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Trigonometri ditinjau dari Tipe Kepribadian Dan Tingkat Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Makassar. Masters thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. tesis.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kualitatif , yang bertujuan untuk mendeskripsikan siswa SMA dalam memecahkan masalah berdasarkan masing-masing tipe kepribadian dan tingkat kecemasan belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-eksploratif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Makassar dengan cara stratified sampling. Subjek dalam penelitian sebanyak 4 orang siswa. Data diperoleh dari hasil pengerjaan subjek penelitian terhadap instrumen penggolongan tipe kepribadian, instrumen kecemasan belajar, instrumen pemecahan masalah matematika, serta wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) dalam memahami masalah, siswa tipe idealist dengan tingkat kecemasan tinggi tidak menuliskan syarat cukup dan syarat perlu; (2) dalam membuat rencana pemecahan masalah, siswa mampu dalam menentukan informasi yang relevan untuk menyelesaikan soal; (3) dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa mengerjakan soal sesuai dengan langkah pemecahan masalah yang telah direncanakan sebelumnya namun tidak tepat waktu. (1) dalam memahami masalah, Subjek idealist dengan tingkat kecemasan rendah mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal; (2) dalam membuat rencana pemecahan masalah, siswa mampu mengaitkan antara hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan; (3) dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa menggunakan langkah-langkah yang telah disusun sebelumnya secara benar, meskipun dalam tahap penyelesaian salah dalam perhitungan. (1) dalam memahami masalah, siswa tipe rational dengan tingkat kecemasan tinggi tidak menuliskan syarat cukup dan syarat perlu karena hal itu sudah sangat jelas; (2) dalam membuat rencana pemecahan masalah, siswa mampu menerima informasi yang ada pada soal dan menghubungkannya untuk menentukan rumus. (3) dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa mampu menyelesaikan soal sesuai strategi yang telah dirancang. (1) dalam memahami masalah, siswa tipe rational dengan tingkat kecemasan rendah tidak menuliskan syarat cukup dan syarat perlu; (2) dalam membuat rencana pemecahan masalah, siswa mampu mengaitkan informasi yang ada pada soal untuk menentukan langkah penyelesaian; (3) dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa mampu menggunakan langkah-langkah secara benar, serta terampil dalam algoritma dan ketepatan menjawab soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 08:26
Last Modified: 26 Mar 2018 08:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6061

Actions (login required)

View Item View Item