Analisis Pemahaman Tentang Pengetahuan Faktual, Konseptual dan Prosedural pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Ummul Mukminin Makassar .

Nurmayaningsih, Nurmayaningsih (2014) Analisis Pemahaman Tentang Pengetahuan Faktual, Konseptual dan Prosedural pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Ummul Mukminin Makassar . Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurmayaningsih. 2014..docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK NURMAYANINGSIH. 2014. Analisis Pemahaman Tentang Pengetahuan Faktual, Konseptual dan Prosedural pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Ummul Mukminin Makassar . (Dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Muhammad Darwis).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang sisi lengkung. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan instrumen yang digunakan peneliti adalah tes kemampuan untuk menentukan subjek, tes diagnostik untuk mendiagnostik jenis-jenis pemahaman siswa, serta pedoman wawancara. Fokus penelitian adalah mendeskripsikan pemahaman siswa Subjek penelitian adalah tiga orang siswa kelas IX SMP Ummul Mukminin tentang pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Deskripsi pemahaman tentang pengetahuan faktual pada materi bangun ruang sisi lengkung adalah dapat mengubah dari satu bentuk gambaran menjadi bentuk lain dapat dilihat dari ketiga subjek yang terpilih dapat memberi lambang pada unsur yang diketahui dengan sebuah huruf atau sebaliknya menyatakan suatu huruf dengan sebuah kata-kata atau unsur yaitu unsur r dinyatakan dengan jari-jari atau sebaliknya jari-jari disimbolkan dengan r. (2) Deskripsi pemahaman tentang pengetahuan konseptual pada materi bangun ruang sisi lengkung adalah dapat mengubah dari satu bentuk gambaran menjadi bentuk lain dapat dilihat bahwa semua subjek dapat mengubah sebuah konsep definisi menjadi sebuah konsep rumus, menentukan sesuatu dalam suatu kategori dapat dilihat bahwa semua subjek dapat menentukan sesuatu yang dimiliki oleh sebuah konsep, menentukan contoh atau ilustrasi tentang konsep dan prinsip hanya dapat dilakukan oleh subjek tinggi dan subjek sedang, membuat model sebab akibat juga hanya dapat dilakukan oleh subjek tinggi dan subjek sedang. (3) Deskripsi pemahaman terhadap pengetahuan prosedural pada materi bangun ruang sisi lengkung adalah dapat mengubah dari satu bentuk gambaran menjadi bentuk lain dapat dilihat bahwa subjek dapat mengganti setiap unsur yang diketahui dengan sebuah nilai dan menentukan sesuatu dalam suatu kategori hanya dapat dilakukan oleh subjek tinggi dan subjek sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:36
Last Modified: 29 Apr 2016 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item