Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Ditinjau dari Pengetahuan Prasyarat Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajeng

NATSIR, NURFAIDHAH (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Ditinjau dari Pengetahuan Prasyarat Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL NURFAIDHAH NATSIR.doc

Download (333kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan generik sains dan hasil belajar antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jenis penelitian ini adalaheksperimen semu dengan desain faktorial 2x3.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI semester genap di SMA Negeri 2 Gowa tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 8 dan XI IPA 9 yang berjumlah 92 orang.Pengambilan sampel dilakukan secara Purpose Random Sampling yaitu pemilihan sampel dilakukan karena adanya faktor tertentu dalam suatu kelas.Data yang digunakan adalah datapengetahuan prasyarat, keterampilan generik sains dan hasil belajar.Data pengetahuan prasyarat adalah nilai dari tes pengetahuan prasyarat, data keterampilan generik sains dan hasil belajar diperoleh dari nilai posttest yang diberikan setelah pembelajaran berakhir.Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan analisis statistika deskriptif dan analisis statistik inferensial.Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains peserta didik. 2) ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik. 3) ada pengaruh pengetahuan prasyarat tinggi, sedang dan rendah peserta didik terhadap keterampilan generik sains. 4) ada pengaruh pengetahuan prasyarat tinggi, sedang dan rendah peserta didik terhadap hasil belajar. 5) tidakada interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan prasyarat terhadap keterampilan generik sains peserta didik dan 6)ada interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan prasyarat terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 08:09
Last Modified: 26 Mar 2018 08:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item