”Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri, Motivasi, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mangkutana”.

Nurmawati, Lainus (2013) ”Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri, Motivasi, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mangkutana”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurmawati Lainus.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Nurmawati Lainus, 2013. ”Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri, Motivasi, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mangkutana”. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Suradi, M.S. dan Drs. Hamda, Dipkom., M.Pd.)Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penyesuaian diri, motivasi, dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mangkutana melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mangkutana tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sosiometri, angket motivasi belajar, tes hasil belajar siswa yang dilakukan tiap akhir siklus, observasi, refleksi dan respon siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay yaitu: (1) Terjadi peningkatan penyesuaian diri siswa. Pada sisklus I diperoleh indeks kerekatan setiap kelompok berada pada kategori tinggi dan terdapat 6 siswa yang termasuk siswa terabaikan dalam kelompoknya, meningkat pada siklus II dimana tidak ada siswa yang terabaikan dalam kelompoknya. (2) Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Pada kondisi awal (sebelum siklus) diperoleh skor rata-rata hasil angket motivasi belajar matematika siswa sebesar 97,33 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I sebesar 120,18 termasuk kategori tinggi dan pada siklus II sebesar 127,79 termasuk kategori tinggi. (3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal (sebelum siklus) diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 53,41 pada kategori rendah dengan persentase ketuntasan sebesar 6,06%, meningkat siklus I sebesar 75,71 pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan sebesar 69,77% dan pada siklus II sebesar 82,64 pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan sebesar 81,8%. Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan penyesuaian diri, motivasi, dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mangkutana melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:36
Last Modified: 29 Apr 2016 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item