Keefektian Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas VII MTs. N 410 Tanete Kabupaten Bulukumba

WAHDANIA, ANDI (2017) Keefektian Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas VII MTs. N 410 Tanete Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal TTW.docx

Download (48kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji kemampuan siswa menentukan unsur intrinsik cerpen sebelum penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa Kelas VII MTs. N 410 Tanete Kabupaten Bulukumba, 2) mengkaji kemampuan siswa menentukan unsur intrinsik setelah penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa Kelas VII MTs. N 410 Tanete Kabupaten Bulukumba, dan 3) membuktikan keefektifan penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas VII MTs. N 410 Tanete Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. N 410 Tanete Kabupaten Bulukumba. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Simple Random Sampling dan sampel yang terpilih adalah siswa kelas VII 2. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian menentukan unsur intrinsik cerpen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan perangkat SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen siswa setelah menerapkan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan Think Talk Write. Hasil analisis data pretest menunjukkan bahwa bahwa 5 siswa memeroleh nilai ≥ 75 dengan persentase 17,24% dan 24 siswa memeroleh nilai ≤ 74 dengan persentase 82,76% dengan nilai rata-rata 60,71. Hasil analisis data posttest menunjukkan bahwa 29 siswa memeroleh nilai ≥ 75 dengan persentase 100% dan tidak ada siswa memeroleh nilai ≤ 75, dengan nilai rata-rata 85,71. Hasil pengujian hipotesis dengan uji paired sample t-test membuktikan bahwa taraf signifikasi 0,000 ≤ α = 0,05 sehinggga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, model pembelajaran Think Talk Write efektif digunakan dalam pembelajaran menentukan unsur intrinsik siswa kelas VII MTs. N 410 Tanete Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 07:47
Last Modified: 26 Mar 2018 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item View Item