Implementasi Pendidikan Karakter Studi Kasus pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Tavanjuka Palu

GUSNARIB, GUSNARIB (2017) Implementasi Pendidikan Karakter Studi Kasus pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Tavanjuka Palu. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (50kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk Implementasi pendidikan karakter pada SMP Negeri 5 Tavanjuka Palu studi kasus pada mata pelajaran PPKn, upaya apa yang dilakukan dalam pengimplementasian pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn, serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat sehingga keterlaksanaan implementasi pembelajaran karakter yang berkualitas, dengan harapan dapat meningkatkan mutu dan keperibadian peserta didik menuju pemberdayaan hidup mereka di lingkungan masyarakatnya dibutuhkan lahirnya kerangka konseptual menyangkut saling ketergantungan antar sekolah, stekholder, masyarakat/orang tua siswa dan pemerintah dalam menyelesaikan problem pendidikan yang ada dan bersama-sama memberi daya dukung keberlanjutan sekolah SMP Negeri 5 Tavanjuka Palu, sehingga dapat memiliki kepercayaan masyarakat publik serta partisipasi orang tua untuk menyekolahkan putra putrinya pada sekolah tersebut seperti sedia kala sebelum adanya konflik yang begitu panjang yang menorehkan sejarah perjalanan Nunu-Tavanjuka dan menjadi sebuah pembelajaran berharaga bagi masyarakat Sulawesi Tengah agar senantiasa mewujudkan kedamaian dan persaudaraan dalam menata masa depan yang lebih baik. Jenis penelitian ini adalah, kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian pada SMP Negeri 5 Tavanjuka Palu, Fokus penelitian adalah: Bentuk implementasi pendidikan karakter upaya dan strategi serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan implementasi pendidikan karakter. Sumber data primer dalam berupa kata-kata atau tindakan yang dilakukan oleh warga sekolah SMP Negeri 5 Tavanjuka Palu. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas analisis sebelum dan selama dilokasi penelitian ini dilakukan. Kredibilitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implemeni pendidikan karakter terintegras pada mata pelajaran PPKn telaksana dalam dan diluar kelas, hasilnya belum maksimal.pelaksanaan pendidikan karakter membutuhkann komitmen dan kerjasama anatara prang tua siswa, warga sekolah, dan pemerintah.pelaksanaan pendidikan karakter membutuhkan guru yang memiliki,pengetahuan dan skilt (hard skill dan sof skill) yang memadai, iplementasi pendidikan karakter butuh keteladanan, kesabaran dan keuletan bagi guru.Upaya dan strategi yang dilakukan penyiapan sarana belajar mengajar yang memadai, peningkatan kualitas guru,mengajukan usulan permohonan kebijakan dalam bentuk PERDA tentang pentingnya pendidikan karakter pada sekolah yang rawan konflik dan eks konflik. pengadan buku model pembelajaran karakter sekolah berbasis konflik. Faktor daya dukung dan daya hambat, tingginya tingkat partisipasi orang tua dan tokoh masyarakat setempat, kualitas pengetahuan dan skill guru masih perlu ditingkatkan,Fasilitas dan anggaran belum tersedia secara maksimal.Tingginya tingkat partisipasi guru dalam mendedikasikan ilmunya, demikian pula animo siswa untuk datangbelajar cukup baik.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 07:40
Last Modified: 26 Mar 2018 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6046

Actions (login required)

View Item View Item