Pengembangan Model Pendampingan Guru Dalam Penulisan Artikel IlmiahBerbasis Mind Mapping

BAHARUDDIN, ASNAH (2016) Pengembangan Model Pendampingan Guru Dalam Penulisan Artikel IlmiahBerbasis Mind Mapping. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I PROPOSAL EDIT NN 2 .docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana gambaran kemampuan guru dalam penulisan artikel ilmiah saat ini, bagaimana mengembangkan model pendampingan guru dalam penulisan artikel ilmiah berbasis mind mappingyang valid, praktis dan menarik dan bagaimanakah keefektifan model pendampingan penulisan artikel berbasis Mind Mapping? Adapun tujuan penelitian ini adalah untukmendapatkan gambaran tentang kemampuan guru dalam penulisan artikel ilmiah pada saat ini, mengembangkan model pendampingan guru dalam penulisan artikel ilmiah berbasis mind mappingyang valid, praktis, menarik,dan efektif untuk meningkatkan kemampuan guru menulis artikel ilmiahsesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Produk yang dikehendaki dalam penelitian iniadalah sebuah model pendampingan dan pengembangan kemampuan guru dalam penulisan artikel ilmiah (model MPMM)untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menulis artikel ilmiah yang valid, praktis,menarik, dan efektif. Pengembangan model pendampingan penulisan artikel ilmiah berbasis mind mappingdengan memperhatikan azas keefektifan dalam pemanfaatannya.Proses pengembangan model pendampingan guru dalam penulisan artikel ilmiahBerbasis Mind Mapping (model MPMM) mengacu pada teori pengembangan Plomp (1999). Fase-fase pengembangan yang ditempuh yaitu (a) fase investigasi awal, (b) fase perancangan, (c) fase realisasi, (d) fase pengujian, evaluasi, dan revisi, dan (e) fase implementasi/desiminasi. Pembelajaran model MPMM mengacu pada ; (a) sintaks model MPMM,(b) sistem sosial model MPMM, (c) prinsip reaksi model MPMM, (d) sistem pendukung model MPMM dan (e) dampak instruksional dan pengiring.Selanjutnya berdasarkan penilaian ahli dan praktisi model MPMMberupa panduan mentee,RPP, buku model dan worksheet dinyatakan valid kemudian diujicobakan. Hasil- hasil yang dicapai yaitu: (a) model MPMM dinyatakan praktis, dan menarik karena hampir semua aspek dalam komponen model MPMM terlaksana seluruhnya, dan (b) model MPMM dinyatakan efektif, karena ketuntasan klasikal telah tercapai, aktivitas sesuai yang diharapkan, kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah sangat baik, dan responguru terhadap penyusunan artikel ilmiah sudah positif. Oleh karena itu, tujuan memperoleh model MPMM yang berkualitas telah tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 07:30
Last Modified: 26 Mar 2018 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6042

Actions (login required)

View Item View Item