Pengaruh Struktur Modal Terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Di Bursa Efek Indonesia. Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

JONI, HARYADI (2014) Pengaruh Struktur Modal Terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Di Bursa Efek Indonesia. Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
JONI HARYADI,.docx

Download (13kB)

ABSTRAK JONI HARYADI, 2013. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Di Bursa Efek Indonesia. Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan struktur modal terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk di Bursa Efek Indonesia. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) adalah struktur modal diukur dengan membandingkan hutang jangka panjang dengan ekuitas, yang dinyatakan dalam kali (x) dan variabel terikatnya (Y) adalah Earning Per Share (EPS) yang diukur dengan membandingkan laba bersih dengan rata-rata tertimbang saham biasa yang beredar, yang dinyatakan dalam rupiah (Rp). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh data struktur modal dan EPS PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdapat pada laporan laba rugi dan neraca, sedangkan sampelnya yaitu data struktur modal dan EPS PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdapat pada laporan laba rugi dan neraca selama sepuluh tahun yaitu tahun 2002-2011. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan Long Term Debt to Equity Ratio (LTDtER), rasio EPS serta teknik analisis regresi linier sederhana, korelasi, dan uji-t. Hasil persamaan regresi yang diperoleh antara struktur modal dan EPS, Ŷ = 355,034-179,310X, yang berarti bahwa nilai konstanta sebesar 355,034 adalah besarnya EPS yang dicapai tanpa memperhatikan tinggi rendahnya struktur modal perusahaan, sedangkan nilai koefisien regresi sebesar -179,310X, yang berarti bahwa setiap peningkatan struktur modal sebanyak 1 kali, maka akan terjadi penurunan EPS sebesar Rp179,310. Berdasarkan koefisien korelasi, diperoleh nilai r = -0,646. Nilai tersebut menunjukkan hubungan kuat negatif. Sedangkan koefisien determinasi atau nilai r2 = 0,418 atau 41,8 persen yang berarti bahwa pengaruh struktur modal terhadap EPS adalah 41,8 persen, sedangkan sisanya sebesar 58,2% persen ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk menguji signifikan koefisien regresi digunakan analisis uji-t, dimana hasil yang diperoleh yakni: t hitung sebesar -2,395 sedangkan nilai t tabel sebesar 1,860 pada taraf kesalahan α= 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung= -2,395> ttabel = 1,860, sehingga hipotesis yang diajukan “Diduga bahwa struktur modal berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk di Bursa Efek Indonesia ” dinyatakan diterima. Kata kunci: Struktur Modal, Earning Per Share (EPS).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:36
Last Modified: 02 Nov 2016 10:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item