Deskripsi Pemahaman Matematika Siswa tentang bentuk Pangkat dan Akar di Kelas X Madrasah Aliyah Pesantren An-Nahdlah Layang Makassar

MUKARRAMAH, MUKARRAMAH (2017) Deskripsi Pemahaman Matematika Siswa tentang bentuk Pangkat dan Akar di Kelas X Madrasah Aliyah Pesantren An-Nahdlah Layang Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman instrumental dan relasional siswa tentang bentuk pangkat dan akar di kelas X Madrasah Aliyah Pesantren An-Nahdlah Layang Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren An-Nahdlah Layang Makassar tahun ajaran 2016/2017 yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan awal. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil tes kemampuan awal, data hasil tes pemahaman matematika dan data hasil wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Deskripsi hasil penelitian terbagi menjadi dua bagian, yaitu pemahaman instrumental dan pemahaman relasional. Deskripsi pemahaman instrumental kelompok subjek tinggi yaitu ketika menjelaskan konsep hanya secara prosedural berdasarkan apa yang subjek hafal, menyelesaikan soal bentuk pangkat hanya dengan menggunakan satu cara padahal ada alternatif lain yang bisa digunakan dalam menyelesaikan soal, mengalami miskonsepsi mengenai konsep bentuk akar, subjek tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang menandakan bahwa subjek meyakini jawaban yang diberikan sudah benar. Miskonsepsi yang terjadi juga mempengaruhi hasil penyajian konsep bentuk akar ke bentuk representasi matematika yang lain. Pemahaman relasional kelompok subjek tinggi yaitu subjek menyajikan contoh dan bukan contoh bentuk pangkat lebih dari satu, menyajikan konsep bentuk pangkat ke dalam bentuk representasi matematika yang lain disertai dengan alasan dan penyajiannya lebih dari satu, memanfaatkan konsep bentuk pangkat dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan konsep tersebut, serta menyelesaikan soal yang berkaitan dengan bentuk pangkat pecahan dengan lebih dari satu cara disertai dengan alasan. Deskripsi pemahaman instrumental kelompok subjek sedang yaitu subjek memahami konsep bentuk pangkat hanya secara prosedural tanpa menyatakan ulang konsep, penjelasan dalam menyajikan konsep bentuk pangkat ke bentuk representasi yang lain tidak dapat berlaku secara umum sehingga ketika diberi contoh lain maka definisinya ikut berubah, menyelesaikan soal bentuk pangkat dengan menggunakan satu cara padahal sebenarnya ada alternatif lain yang bisa digunakan dengan hasil yang sama, subjek mengerjakan soal bentuk pangkat dengan cara menerka-nerka hingga menemukan jawaban yang dianggap benar, mengalami miskonsepsi mengenai konsep bentuk akar sehingga kesalahan mendasar semacam ini bisa memberikan dampak munculnya kesalahan-kesalahan lain yang berkaitan dengan konsep tersebut dan dalam beberapa tanggapan, subjek menyampaikan alasan sesuai apa yang ia hafal tanpa mengetahui mengapa jawabannya demikian. Pemahaman relasional kelompok subjek sedang yaitu memahami cara menyajikan konsep bentuk pangkat pecahan ke bentuk akar dan sebaliknya serta memahami cara mengaplikasikan penulisan notasi ilmiah ke pemecahan masalah. Deskripsi pemahaman instrumental kelompok subjek rendah yaitu subjek menjelaskan konsep secara prosedural dengan memberikan alasan yang selalu mengacu pada apa yang ada di catatannya (menghafal apa yang subjek tulis atau lihat di buku), menjelaskan jawaban dengan menebak-nebak yang menunjukkan bahwa subjek tidak memahami konsep bentuk pangkat, mengalami miskonsepsi mengenai konsep yang berkaitan dengan bentuk pangkat seperti operasi pada pecahan, kesulitan dalam melakukan perhitungan sederhana, menyajikan konsep bentuk pangkat ke bentuk lain tanpa memberikan alasan, hanya mengetahui satu cara dalam menyelesaikan soal yang memiliki penyelesaian lebih dari satu cara, dan subjek tidak memberikan alasan mengenai jawaban yang diberikan melainkan selalu mengarahkan jawabannya pada apa yang ada di buku. Pemahaman relasional kelompok subjek rendah tidak ditemukan pada penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 06:27
Last Modified: 26 Mar 2018 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6025

Actions (login required)

View Item View Item