Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Ayunita, Nurhana (2017) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Diploma thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yaitu perlakuan diberikan untuk menentukan pengaruhnya pada variabel terikat, tetapi variabel-variabel lain yang berpengaruh tidak dapat dikontrol dengan ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Utara pada pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning, (2) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Utara pada pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan konvensional, (3) apakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar yang diajar dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning lebih baik jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Utara setelah diterapkan pendekatan contextual teaching and learning mempunyai skor rata-rata 73,8889 dari skor maksimum 100 dengan standar deviasi 12,42929 dan berada pada skor standar C yaitu kategori sedang, (2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Utara setelah diterapkan pendekatan konvensional mempunyai skor rata-rata 67,2727 dari skor maksimum 90 dengan standar deviasi 9,09307 dan berada pada skor standar C yaitu kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar yang diajar dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning lebih baik jika dibandingkan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 06:12
Last Modified: 26 Mar 2018 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6023

Actions (login required)

View Item View Item