Syamsuria, Syamsuria (2014) Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD) (dibimbing oleh Achmad Tolla dan Muhammad Jufri). Diploma thesis, universitas negeri makassar.
Text
SYAMSURIAH, 2014..docx Download (14kB) |
Abstract
ABSTRAK SYAMSURIAH. 2014. Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD) (dibimbing oleh Achmad Tolla dan Muhammad Jufri). Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan gambaran tentang pelaksanaan pengembangan perangkat Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, yang valid, praktis, dan efektif bagi Anak Usia Dini, dan (2) Untuk memperoleh produk berupa perangkat Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, yang valid, praktis, efektif, dan efisien di TK Al Qalam Kabupaten Gowa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D) model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu: 1. Analysis (analisa), 2. Design (desain/perancangan), 3. Development (pengembangan), 4. Implementation (implementasi), dan 5. Evaluation (evaluasi/umpan balik). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Buku Pedoman Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak, khususnya pada kelompok B. Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan Lembar Kegiatan Anak (LKA). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa perangkat Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Al Qalam Kabupaten Gowa yang dikembangkan adalah: (1) kevalidan Buku Pedoman Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini memiliki validitas rata-rata 3,25 (kategori valid), Program Semester memiliki validitas rata-rata 3,25 (kategori valid), Rencana Kegiatan Mingguan memiliki validitas rata-rata 3,15 (kategori valid), Rencana Kegiatan Harian memiliki validitas rata-rata 3,5 (kategori valid), dan Lembar Kegiatan Anak memiliki validitas rata-rata 3,25 (kategori valid). (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran, dianalisis dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur kemampuan guru dalam menerapkan perangkat pembelajaran diperoleh percentage of agreement (PA) sebesar 100%. Berdasarkan hasil pengamatan oleh dua observer terhadap kemampuan guru dalam menerapkan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria keterlaksanaan yaitu sudah terlaksana seluruhnya (1,5 ≤ X < 2,0) pada saat proses berlangsung. Dengan demikian, perangkat Model Pembelajaran tersebut, layak digunakan dalam proses pembelajaran, dan (3) Keefektifan perangkat model pembelajaran demonstrasi dikatakan efektif dimana tiga orang guru (100%) memberikan respon sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Apr 2016 06:36 |
Last Modified: | 29 Apr 2016 06:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/602 |
Actions (login required)
View Item |