Hubungan Kualifikasi Akademik dan Sikap Profesional dengan Kinerja Pembelajaran Guru Kelas V SDN di Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone

A. ASMARA, A. ASMARA (2016) Hubungan Kualifikasi Akademik dan Sikap Profesional dengan Kinerja Pembelajaran Guru Kelas V SDN di Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Bab I.doc

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada guru kelas V SDN di kecamatan Ajangale kabupaten Bone yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui kualifikasi akademik guru Kelas V yang berkualifikasi S1 ke-SD-an dan yang bukan S1 ke-SD-an, 2) Mengetahui sikap profesional guru Kelas V yang berkualifikasi S1 ke-SD-an dan yang bukan S1 ke-SD-an, 3) Mengetahui kinerja pembelajaran guru Kelas V yang berkualifikasi S1 ke-SD-an dan yang bukan S1 ke-SD-an, 4) Mengetahui hubungan kualifikasi akademik guru S1 ke-SD-an dengan kinerja pembelajaran, 5) Mengetahui hubungan kualifikasi akademik guru S1 bukan ke-SD-an dengan kinerja pembelajaran, 6) Mengetahui hubungan sikap profesional guru S1 ke-SD-an dengan kinerja pembelajaran, 7) Mengetahui hubungan sikap profesional guru S1 bukan ke-SD-an dengan kinerja pembelajaran, 8) Mengetahui hubungan kualifikasi akademik dan sikap profesional secara bersama-sama dengan kinerja pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan bentuk korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas V SDN yang berjumlah 28 orang yang berada di 14 desa/kelurahan di Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel populasi. Analisis dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial dilakukan dengan dengan korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kualifikasi akademik guru Kelas V SDN di kecamatan Ajangale kabupaten Bone pada umumnya berasal dari Pendidikan Non ke-SD-an, 2) Guru yang berkualifikasi S1 ke-SD-an memiliki sikap profesional yang lebih tinggi daripada guru yang berkualifikasi S1 bukan ke-SD-an, 3) Guru yang berkualifikasi S1 ke-SD-an memiliki kinerja pembelajaran yang lebih tinggi daripada guru yang berkualifikasi S1 bukan ke-SD-an, 4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dengan kinerja pembelajaran guru S1 ke-SD-an, 5) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dengan kinerja pembelajaran guru S1 bukan ke-SD-an,, 6) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara sikap profesional dengan kinerja pembelajaran guru S1 ke-SD-an, 7) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara sikap profesional dengan kinerja pembelajaran guru S1 bukan ke-SD-an, dan 8) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan sikap profesional secara bersama-sama dengan kinerja pembelajaran guru Kelas V SDN di kecamatan Ajangale kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 06:00
Last Modified: 26 Mar 2018 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6018

Actions (login required)

View Item View Item