Profil Kesiapan Guru Matematika Dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Menurut Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Bulukumpa. (Dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Awi Dassa)

Nurhikma.AR, Nurhikma.AR (2013) Profil Kesiapan Guru Matematika Dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Menurut Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Bulukumpa. (Dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Awi Dassa). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURHIKMA. AR. 2014.docx

Download (13kB)

ABSTRAK NURHIKMA. AR. Profil Kesiapan Guru Matematika Dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Menurut Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Bulukumpa. (Dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Awi Dassa)Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi sejauh mana kesiapan guru matematika SMP di Kecamatan Bulukumpa dalam mengimplementasikan pendekatan Scientific menurut kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukungnya adalah berupa lembar kuesioner, lembar observasi serta pedoman wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 (dua) orang yang merupakan guru matematika SMP yang telah menerapkan kurikulum 2013. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan subjek pertama ditinjau dari tiga aspek: (a) Subjek pertama dianggap belum memiliki kesiapan dalam aspek sikap untuk menerapkan pendektan Scientific menurut kurikulum 2013 karena subjek belum menunjukkan sikap positif dan masih kurangnya keinginan menerapkan pendekatan Scientific, (b) Subjek pertama dianggap belum memiliki kesiapan dalam aspek pengetahuan karena pemahaman subjek mengenai pendekatan Scientific masih dianggap kurang, (c) Subjek pertama dianggap belum memiliki kesiapan dalam aspek keteramapilan karena subjek belum mampu menunjukkan kemampunnya dalam menyusun perangkat pembelajaran menurut kurikulum 2013 dan subjek belum mampu mengimplementasikan pendekatan Scientific; (2) Kesiapan subjek kedua ditinjau dari tiga aspek: (a) Subjek kedua dianggap memiliki kesiapan dalam aspek sikap untuk menerapkan pendekatan Scientific menurut kurikulum 2013 karen mampu menunjukkn sikap positifnya terhadap pendekatan Scientific dan mempunyai keinginan yang besar untuk mengimplementasikan pendekatan Scientific, (b) Subjek kedua dianggp memiliki kesiapan dalam aspek pengetahun karena mampu menunjukkn pemahamannya mengeni pendekatan Scientific, (c) Subjek kedua dianggap memiliki kesiapan dalam aspek keterampilan karena mampu menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan mampu mengimplementasikn pendekatan Scientific dalam proses pembelajaran; (3) Faktor yang dianggap sebagai penyebab perbedaan kesiapan, (a) Faktor keluarga, (b) Penambahan materi ajar kelas VII, (c) Pengalaman mengajar, (d) Gender.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:36
Last Modified: 29 Apr 2016 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item