Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng.

PUTRI, ANDI ANDARINI (2017) Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng. S1 thesis, unm.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (37kB)

Abstract

Pendidikan menjadi gerbang terdepan dalam membangun bangsa. Olehnya itu, Pendidikan harus mempunyai arah dan tujuan yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Apakah Perhatian Orangtua berpengaruh terhadap Prestasi belajar IPS siswa SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng? (ii) Apakah minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng? (iii) Apakah perhatian Orangtua dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa di SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng. (ii) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng. (iii) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas III, IV dan V SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng yang berjumlah 42 siswa dan 42 orangtua siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik probality atau penentuan yang mana setiap bagian ditarik sampel sebagian siswa yang nilai prestasinya dalam kategori rendah dan kategori tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang positif antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV dan V di SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng. Kedua, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV dan V di SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng. Ketiga,terdapat pengaruh yang positif secara bersama - sama antara perhatian orangtua dan minat belajar IPS dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV, dan V di SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 02:52
Last Modified: 26 Mar 2018 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6005

Actions (login required)

View Item View Item