GUNTUR, R.SIGIT SAPUTRA (2017) Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas Tes Buatan Guru Bahasa Makassar Kelas VIII SMPN 2 Binamu Kabupaten Jeneponto. Diploma thesis, FBS.
|
Text
ANALISIS UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES BUATAN GURU BAHASA MAKASSAR KELAS VIII SMPN 2 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis uji validitas dan realibilitas tes buatan guru bahasa MakassarKelas VIII SMPN 2 Binamu Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Lokasi penelitian yaitu SMPN 2 Binamu Kabupaten Jeneponto. Data penelitian adalah tes-tes buatan guru bahasa bahasa MakassarSMPN 2 Binamu Kabupaten Jeneponto yang telah diberikan kepada siswa. Sumber data penelitian ini adalah sumber tertulis atau dokumen berupa kisi-kisi, soal (tes) yang telah dibuat guru bahasa Makassar SMPN 2 Binamu Kabupaten Jeneponto. Hasil penelitian ini berjalan sesuai yang diharapkan. Analisis uji validitas dan reliabilitas tes buatan guru bahasa Makassar Kelas VIII SMPN 2 Binamu Kabupaten Jeneponto. berupa soal uraian menggunakan empat instrumen. Adapun keempat instrumen dalam menguji validitas, yaitu 1) pengamatan tes buatan guru itu sangat baik. 2) aktivitas belajar siswa berdasarkan kategori aktivitas belajar siswa, maka frekuensi tertinggi siswa mengumpulkan informasi terkait data yaitu sebesar 111. Untuk kategori mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan hanya memiliki frekuensi sebesar masing-masing 9 dan 10. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih senang berdiskusi, tetapi masih pasif terhadap mengajukan pertanyaan dan mengajukan jawaban baik kepada guru maupun sesama siswa. 3) pengamatan uji validitas yang berada pada beberapa kategori yang berbeda karena terdapat ketidakvalidan dan kevaliditan. Untuk kevaliditan itu terdiri kategori rendah 2 butir soal, kategori sedang terdiri dari 4 butir soal, dan kategori tinggi terdiri dari 3 butir soal. Jadi, terdapat 9 butir soal yang valid, sisanya 6 butir soal adalah tidak valid. 4) respon siswa yang terdiri tiga kategori validitas soal (27%) yang tidak valid atau respon yang kurang baik dan respon peserta didik terhadap tes buatan guru bahasa Makassar menunjukkan valid atau respon yang baik berjumlah 24 siswa (73%). 5) analisis butir soal yang terdiri dari kategori tinggi terdapat empat butir soal, yaitu butir soal ke-5, 6 dan 8 (20 %), kategori sedang, yaitu empat butir soal berkategori, yaitu butir soal nomor ke-4, 7, 11, dan 13 (26.6 %), dan kategori rendah, terdapat dua butir soal, yaitu butir soal nomor 14 dan 15 (13,3%). Pengujian validitas tes buatan guru ini menyatakan bahwa tes buatan guru ini berdasarkan pengkategorian validitas isi, konstruk, dan kriteria/empiris adalah valid. Untuk pengujian reliabilitas berdasarkan butir-butir soal dengan mengambil butir soal yang valid dan membuang butir soal yang tidak valid, maka kategori reliabilitas yang ditunjukkan adalah 0.6309 yang berdasarkan metode Alpha Cronbach yaitu p > 0.05 atau 0.6309 > 0.05, maka tes buatan guru ini sifatnya reliabel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 01:35 |
Last Modified: | 26 Mar 2018 01:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6002 |
Actions (login required)
View Item |