Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) Dalam Pembelajaran Matematika di SMA Muhammadiyah Kalosi

SUHARNI, SUHARNI (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) Dalam Pembelajaran Matematika di SMA Muhammadiyah Kalosi. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
0. ISI (1-92).docx

Download (699kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ceramah dan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas XII jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di SMA Muhammadiyah Kalosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasy Eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini mengambil sampel kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (separated varian) dan uji N gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ceramah. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t-tes dengan hasil, nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (6,413>1,679) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan yang positif dan signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ceramah. Model pembelajaran Numbered Head Together juga efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu dibuktikan dengan uji N gain. Hasil N gain diperoleh persentase hasil sebesar 77,57% dan masuk kategori efektif. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika pada kelas XII jurusan IPA di Muhammadiyah Kalosi. Berdasarkan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together juga terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa kelas eksperimen masuk kategori cukup tinggi, yakni sebesar 78,13% pada pertemuan pertama dan 85,07% pada pertemuan kedua. Sedangkan aktivitas belajar kelas kontrol masuk kategori rendah dengan persentase sebesar 53,47% pada pertemuan pertama dan 56,42% pada pertemuan kedua.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Mar 2018 06:40
Last Modified: 23 Mar 2018 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item View Item