Pengaruh Penerapan Model Kooperatif dengan Strategi kognitif Terhadap Pemahaman Konsep, Penalaran-Komunikasi, dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Utara (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Ilham Minggi)

Meisaraswaty, Arsyad (2017) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif dengan Strategi kognitif Terhadap Pemahaman Konsep, Penalaran-Komunikasi, dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Utara (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Ilham Minggi). S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL MEISARASWATY.docx

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan strategi kognitif dalam pembelajaran matematika materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Utara dan sampel adalah siswa kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Kognitif yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar, hasil kemampuan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil kemampuan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data hasil belajar matematika, data hasil kemampuan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah dianalisis inferensial. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan Strategi kognitif berpengaruh dalam hal ini kemampuan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah mengalami peningkatan setelah diterapkan dalam pembelajaran matematika materi Lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Utara dan terjadinya peningkatan tersebut ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor hasil belajar secra keseluruhan matematika pada posttest lebih besar dari 67 (KKM=67) yaitu sebesar 80,5 berada pada kategori Tinggi, (b) rata-rata skor gain ternormalisasi untuk kemampuan pemahaman konsep lebih besar dari 0.29 (kategori sedang) yaitu sebesar 0,76 berada pada klasifikasi Tinggi (c) rata-rata skor gain ternormalisasi untuk kemampuan penalaran dan komunikasi lebih besar dari 0.29 (kategori sedang) yaitu sebesar 0,74 berada pada klasifikasi tinggi (d) rata-rata skor gain ternormalisasi untuk kemampuan pemecahan masalah lebih besar dari 0.29 (kategori sedang) yaitu sebesar 0,73 berada pada klasifikasi tinggi dan proporsi ketuntasan belajar siswa lebih dari 84%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan Strategi Kognitif berpengaruh terhadap pemahaman konsep, penalaran-komunikasi, dan pemecahana masalah setelah diterapkan pembelajaran matematika materi Lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Mar 2018 01:01
Last Modified: 23 Mar 2018 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5971

Actions (login required)

View Item View Item