Pengembangan Bahan Ajar Biologi Elektronik Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA Negeri 3 Makassar

Dzulkarnain, Akhmad Faqih (2017) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Elektronik Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA Negeri 3 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL Akhmad Faqih Dzulkarnain.docx

Download (46kB)

ABSTRAK Model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik berbasis konstruktivistik yang terintegrasi dengan kurikulum dan standar isi yang valid. Subjek penelitian ini adalah seorang guru biologi, dan tiga puluh enam orang siswa kelas XI semester II SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan modifikasi model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari tahapan analisis (Analyze), perancangan (Design), Pengembangan (Development), implementasi (implementation), dan evaluasi (Evaluation). Data yang terkumpul merupakan data mengenai hasil validasi bahan ajar elektronik berbasis konstruktivistik yang diperoleh dari angket validasi ahli media dan materi, hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket yang di uji melalui siswa dan guru, dan hasil keefektifan yang diperoleh dari angket kesadaran metakognitif dan hasil ujian yang di isi oleh siswa kelas XI IPA 1,SMA Negeri 3 Makassar. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Bahan ajar elektronik berbasis konstruktivistik. yang dikembangkan memiliki beberapa komponen seperti materi pembelajaran, video pembelajaran, animasi pembelajaran, gambar, soal latihan, dan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata total kevalidan bahan ajar elektronik berbasis konstruktivistik secara keseluruhan berada pada kategori sangat valid (4,51). Respon siswa secara keseluruhan masuk kategori sangat praktis (4.14). Respon guru masuk kategori sangat parktis (4.29). Kesadaran metakognisi siswa keseluruhan berada pada kategori baik (4.12). Hasil belajar siswa sebesar 80% melewati kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik berbasis konstruktivistik untuk SMA kelas XI yang diteliti telah memiliki tingkat kevalidan yang tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Mar 2018 00:30
Last Modified: 23 Mar 2018 00:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5969

Actions (login required)

View Item View Item