Deskripsi Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menurut Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar

HAMIDAH, HAMIDAH (2017) Deskripsi Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menurut Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
MIDA.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat kualitatif yang dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika siswa yang bergaya kognitif konseptual tempo yaitu gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif ditinjau dari letak kesalahan (berdasarkan Newman Error Hierarchy), jenis kesalahan (berdasarkan 4 objek kajian matematika), serta penyebab kesalahan (kesalahan pada siswa dari segi kognitif siswa yaitu pengetahuan tentang materi soal cerita dan pengetahuan lainnya yang terkait). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes gaya kognitif konseptual tempo atau MFFT (Matching Familiar Figures Tes), (2) tes masalah soal cerita, (3) pedoman wawancara yang semi terstruktur dan terbuka. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yang terdiri atas 2 orang siswa dengan kategori reflektif dan 2 orang siswa dengan kategori impulsif. Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita cenderung melakukan kesalahan pada transformation error, process skill error, encoding error, konsep dan operasi, (2) Siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita cenderung melakukan kesalahan transformation error dan kesalahan konsep, (3) Siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dan reflektif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita cenderung sama-sama melakukan kesalahan pada transformation error dan konsep, (4) Siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita cenderung melakukan kesalahan disebabkan karena miskonsepsi, prosedural, dan kesalahan penalaran matematis, (5) Siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita cenderung melakukan kesalahan disebabkan karena miskonsepsi dan prosedural, (5) Siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dan reflektif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita cenderung melakukan kesalahan karena sama-sama disebabkan oleh miskonsepsi dan prosedural.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Mar 2018 08:47
Last Modified: 22 Mar 2018 08:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5968

Actions (login required)

View Item View Item