Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Di SMP Negeri 3 Polewali (Dibimbing oleh Ismail Tolla dan Sulaiman Samad).

NURHAYATI, NURHAYATI (2014) Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Di SMP Negeri 3 Polewali (Dibimbing oleh Ismail Tolla dan Sulaiman Samad). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
NURHAYATI. 2014..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK NURHAYATI. 2014. Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Di SMP Negeri 3 Polewali (Dibimbing oleh Ismail Tolla dan Sulaiman Samad). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk : (1) mengetahui manajemen layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Polewali; (2) Mengetahui gambaran mengenai faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen layanan bimbingan dan konsuling di SMP Negeri 3 Polewali. Pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, metode observasi (pengamatan) digunakan untuk mengumpulkan data yang berkenaan manajemen bimbingan dan konseling, metode interview (wawancara) digunakan untuk mengumpulkan data yang berkenaan dengan manajemen layanan bimbingan dan konseling dan data faktor pendukung/penghambat penerapan fungsi manajemen BK, dan pencatatan (dokumentasi) digunakan untuk mengumpulkan data faktor pendukung dan penghambat manajemen layanan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Manajemen layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Polewali yang mencakup aspek-aspek perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut telah dijalankan oleh guru bimbingan dan konseling; (2) faktor pendukung dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Polewali, jumlah tenaga guru BK yang memadai dan administrasi yang dinilai cukup memadai untuk melayani administrasi, sarana dan prasarana yang dinilai cukup memadai dimiliki sekolah, dan tak kalah ketinggalan tekad dan motivasi siswa mengikuti proses belajar mengajar. Sedangkan faktor penghambat yaitu kualitas atau skill yang dimiliki guru bimbingan dan konseling masih perlu meningkatkan kemampuannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:11
Last Modified: 29 Apr 2016 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item