Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 1 Sinjai Utara

Nur, Andi Nurin (2016) Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 1 Sinjai Utara. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I,II,III.docx

Download (70kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui;1)Implementasi guru dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Sinjai Utara, 2)peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Sinjai Utara dan 3) faktor pendukung dan penghambat kurikulum 2013 pada pembelajaran sosiologidi SMA Negeri 1 Sinjai Utara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe desksriptif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kreteria Kepala sekolah, wakaur kurikulum dan guru mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Sinjai Utara. Informan pada penelitian ini yaitu 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Sinjai sudah berjalan sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013yaitu Pembelajaran yang dilakukan guru, Mengembangkan sikap spiritual dan sosial, Pengalaman belajar langsung peserta didik, Memberikan pengalaman belajar terencana, Memberi waktu yang cukup, Kompetensi inti kelas dan kompetensi dasar. 2) Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sosiologi sebagai Perancang pembelajaran, pengelola pembelajaran, evaluator, konselor, mengembangkan kurikulum pada pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi serta Peran yang tidak dijalankan dengan baik yaitu pelaksanaan kurikulum. 3) Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu kesesuaian kompetensi PTK dengan kurikulum 2013 dan buku sesuai rekomendasi dari pemerintah, peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan dan tersedianya anggaran. Adapun Faktor Penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu Kurangnya fasilitas dan Pengetahuan Guru masih kurang dalam pemakaian IT.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Mar 2018 07:06
Last Modified: 22 Mar 2018 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5955

Actions (login required)

View Item View Item