Analisis Pengaruh Kurikulum Tersembunyi Dalam Menstimulasi Minat Pelajar Bahasa Asing

LUQMAN, LUQMAN (2017) Analisis Pengaruh Kurikulum Tersembunyi Dalam Menstimulasi Minat Pelajar Bahasa Asing. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (44kB)

Abstract

ABSTRA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum tersembunyi dan analisis mengenai efek kurikulum tersembunyi dalam menstimulasi minat pelajar bahasa asing. Penelitian ini dilakukan di SMA AL-FITYAN School of Gowa. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif. Lebih khusus lagi, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, rekaman, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa aspek spiritual-kultural dari kurikulum tersembunyi diimplementasikan pada SMA AL-FITYAN, terutama di kelas satu. Temuan menunjukkan bahwa guru menggunakan beberapa elemen dalam menerapkan kurikulum tersembunyi dalam aspek spiritual-kultural. (i) Memberikan nasehat dan bimbingan, (ii) memberikan cerita inspiratif dan juga ungkaan-ungkapan motivasi, dan (iii) menerapkan keteladanan. Selanjutnya, ada beberapa dampak dari penerapan kurikulum tersembunyi. (i) Dari sudut pandang guru menyatakan bahwa memberi nasehat atau motivasi terus menerus akan membuat siswa lebih nyaman menerima materi, lebih fokus, dan lebih tenang untuk belajar. (ii) Dari sudut pandang pelajar menyatakan bahwa nasehat atau bimbingan, cerita inspiratif atau ungkapan-ungkapan motivasi, dan juga menerapkan keteladanan dalam proses belajar membuat pelajar sadar, senang, antusias, fokus, mengurangi perlawanan, memunculkan perhatian, dan motivasi dalam belajar. Key word: Kurikulum Tersembunyi, aspek spiritual-kultural, Minat Pelajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Mar 2018 06:39
Last Modified: 22 Mar 2018 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5950

Actions (login required)

View Item View Item